Sabtu, 02 Agustus 2014

Membangun Jaringan Internet Gateway untuk 2 LAN (Static dan DHCP) Menggunakan MikroTik 750RB

Dalam artikel video tutorial kali ini, kita akan membahas cara membuat atau membangun jaringan internet gateway untuk 2 LAN. Di sini ada 2 LAN yang akan kita buat yaitu LAN-1 dan LAN-2. dimana LAN-1 memperoleh akses dari ether2 MikroTik dengan menggunakan ip address static, sedangkan LAN-2 memperolah akses dari ether3 MikroTik dengan menggunakan ip dhcp untuk semua clientnya. Sementara ether1 merupakan interface MikroTik yang terhubung ke internet melalui modem.
Perangkat utama yang digunakan dalam artikel video tutorial ini masih menggunakan sebuah routerboard MikroTik type 750RB.
Sebelum kita bahas cara membangun jaringan internet gateway untuk 2 LAN, terlebih dahulu saya tampilkan topologi jaringan yang akan dibuat, seperti berikut ini.


Berdasarkan gambar topologi di atas, diharapkan dapat memberi gambaran rencana jaringan internet gateway yang akan kita buat, sehingga lebih memudahkan dalam implementasi pembangunan jaringannya.
Panduan cara membangun jaringan internet gateway untuk 2 LAN (Statik dan DHCP) menggunakan MikroTik 750RB, dapat dilihat dari video tutorial berikut. 

Demikanlah artikel video tutorial Cara Membangun Jaringan Internet Gateway 2 LAN (Statik dan DHCP) Menggunakan MikroTik 750RB.
Semoga artikel video tutorial ini bermanfaat.
Terima kasih.

Wassalam 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar