Senin, 04 Agustus 2014

Membangun Jaringan Hotspot Sederhana Menggunakan Router Mikrotik 750RB dan Access Point TP-Link TL-WA501ND

Jaringan hotspot sudah menjadi trend dalam akses koneksi internet, terlebih dengan adanya perangkat-perangkat client yang mobile, seperti notebook, tablet, smart handphone, dan sebagainya. Pemakaian jaringan hotspot memberikan keleluasaan kepada admin dalam mengelola user atau client yang mengakses jaringan. 
Dengan jaringan hotspot, seluruh client dapat dikontrol dengan mudah, seperti dalam penggunaan alokasi bandwidth, sehingga lebih adil dan tentu saja lebih handal bila dibandingkan dengan koneksi wireless konvensional lainnya.
Baiklah, untuk tidak memperpanjang lebar penjelasan, di sini akan ditampilkan video tutorial cara membangun jaringan hotspot menggunakan router MikroTik 750RB dan Access Point TP-Link TL-WA801ND. Kedua perangkat ini termasuk perangkat yang umumnya banyak tersedia dipasaran dengan harga yang murah, sehingga anda akan mudah untuk memperolehnya. Router MikroTik 750RB berfungsi sebagai internet gateway dan mengatur hotspot untuk user, sedangkan access point di sini berfungsi sebagai penghubung antara user hotspot (client) dengan router MikroTik 750 melalui koneksi wireless.

Bentuk fisik kedua perangkat ini dapat ditunjukkan dari gambar berikut:


Video tutorial membangun jaringan hotspot tersebut dapat anda lihat berikut ini:

Demikianlah video tutorial cara membangun jaringan hotspot dengan menggunakan MikroTik 750RB dan Access Point TP-Link TL-WA801ND.
Semoga video tutorial ini dapat membantu anda dalam memahami cara pembuatan jaringan hotspot.  Untuk panduan tertulis format PDF dapat di download dari DI SINI.
Semoga bermanfaat, terima kasih.

Wassalam

3 komentar:

  1. Mas habib klo sya mau nambah pemancar hotspot lgi (akses point) toterialnya gimna..thks

    BalasHapus
  2. kalo menambah access point (pemancar) utk hotspot bisa dilakukan dengan mode Access Point atau dengan memperluas areanya melalui mode repeater, juga WDS. Pastikan jaringan pada access point sama dengan jaringan di hotspot.

    BalasHapus
  3. Mas itu peralatan yang digunakan apa cuma mikrotik 750rb dan AP TP-Link. Sedangkan divideo ada "modem". Nah modem yang dimaksud yang seperti apa ? Apakah TP-Link lagi atau gimana ? Bisakah beri penjelasan alat" yang dibutuhkan. Soalnya masih belum terlalu paaha. Terimakasih.

    BalasHapus